Sabtu, 08 September 2012



Hubungan Manusia (Human Relation)
Pengertian Imitasi, Sugesti, Identifikasi, Simpati, Empati

            Dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat, kita mengenal istilah interaksi. Interaksi adalah hubungan yang dinamis atau timbal balik antar individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok dalam bentuk kerja sama maupun persaingan. Interaksi dapat menimbulkan adanya timbal balik dalam proses komunikasi baik verbal maupun non verbal, sehingga antara seseorang dengan orang yang lain dapat saling mengerti atau mengenal. Dalam hubungan manusia (human relation), interaksi sangat dibutuhkan untuk mencapai adanya keselarasan komunikasi terkait tujuan yang dimaksud oleh kedua belah pihak. Proses interaksi dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya :

  1. Imitasi, adalah proses meniru orang lain baik dalam hal sikap maupun tingkah laku. Proses meniru dalam imitasi ini tidak dilakukan secara keseluruhan oleh orang yang bersangkutan. Jadi seseorang yang melakukan imitasi hanya meniru beberapa hal yang menurut orang tersebut menarik untuk diikuti, sehingga tidak berniat untuk menjadi sama atau serupa dengan orang yang ditiru.
  2. Sugesti, adalah suatu anjuran tertentu yang melahirkan suatu reaksi langsung tanpa berpikir rasional karena individu yang menerima sugesti sedang dilanda emosi. Anjuran atau pengaruh yang diberikan dapat berupa pandangan, pendapat, visi dan misi, sikap maupun tingkah laku, sehingga orang yang terpengaruh akan mengikuti sugesti yang diberikan tanpa berpikir panjang.
  3. Identifikasi, yaitu kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Dibandingkan dengan imitasi, orang yang melakukan identifikasi lebih berusaha untuk menjadi sama dari segi apapun baik dari segi fisik maupun dalam pandangan,sikap atau perilaku.
  4. Simpati, adalah suatu proses yang ditandai adanya ketertarikan seseorang kepada orang lain serta menimbulkan dorongan untuk memahami dan ikut merasakan yang dialami, dilakukan, atau diderita oleh orang lain tersebut. Simpati merupakan perasaan dirasakan seseorang apabila ada orang yang dikenalnya mendapat kebahagiaan atau kesedihan yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku yang umum diungkapkan.
  5. Empati, adalah proses kejiwaan seorang individu untuk larut dalam perasaan orang lain baik suka maupun duka. Empati merupakan perasaan yang mendalam terhadap orang lain. Perasaan empati lebih mendalam daripada simpati. Apabila seseorang sedang berbahagia, orang yang berempati akan ikut merasa bahagia yang diwujudkan seseorang tersebut dalam sikap dan perilakunya. Sebaliknya apabila seseorang sedang menderita, ia akan merasakan kesedihan yang mendalam seperti yang dirasakan dan diungkapkan oleh orang yang sedang mengalami kesedihan tersebut.
Human relation merupakan interaksi secara langsung, bukan melalui media komunikasi seperti telepon atau sms. Adanya faktor – faktor diatas dapat mempengaruhi seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.

Nama : Monika Chicilia
NIM     : D1511060
D3 Manajemen Administrasi (B)  

1 komentar: