Rabu, 05 Desember 2012

Komentar Presentasi Teman


Teman yang dikomentari : Bella Kurniasari
            Presentasi adalah kegiatan yang tidak terlepas dari berbicara atau menampilkan slide. Presentasi dapat dijadikan sarana agar tujuan pembicara dapat tersampaikan. Dalam penyampaiannya, seorang pembicara atau presenter harus dapat menampilkan slide yang menarik atau cara berbicara yang baik dan jelas. Hal tersebut bertujuan agar audiens atau penonton dapat mengerti atau memahami apa yang disampaikan oleh presenter.
            Dalam kegiatan presentasi di mata kuliah Human Relation D3 Manajemen Administrasi, saya akan memberikan komentar mengenai presentasi Sdri. Bella Kurniasari. Dari segi slide yang ditampilkan, secara keseluruhan sudah baik. Ia menggunakan gambar, background dan animasi yang sudah sesuai dengan tema yang ingin disampaikan, yaitu pariwisata di Yogyakarta. Dalam slidenya juga tidak terlalu banyak tulisan. Ia lebih sering memakai gambar untuk memberikan penjelasan dalam slidenya. Selain itu slidenya juga sederhana tapi menarik dan sesuai dengan tema yang dibahas.
Gaya atau cara berbicara juga sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu presentasi. Dari segi gaya berbicara, menurut saya Ia juga sudah baik melakukannya. Penyampaian pendapat mengenai permasalahan dan solusi sudah tersampaikan dengan jelas. Pada awal presentasi, ia juga berinteraksi dengan penonton sehingga tidak terlalu monoton. Penjelasan yang diberikan juga disertai dengan gambar, sehingga penonton lebih memiliki gambaran tentang apa yang disampaikan.
Presentasi dari Sdri. Bella Kurniasari secara keseluruhan sudah baik dilihat dari slide maupun cara penyampaian atau gaya berbicaranya. Saran yang ingin saya sampaikan adalah lebih ditingkatkan lagi dalam interaksi dengan penonton, kontak mata dengan audiens dan cara penyampaian serta penguasaan materi. Selain itu presentasi yang baik juga ditentukan dari slidenya. Walaupun slide sudah baik, tapi harus terus belajar untuk meningkatkan kreatifitas dalam pembuatan slide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar